Beragam Seni Indonesia Bersejarah Yang Mendunia

Beragam Seni Indonesia Bersejarah Yang Mendunia

Beragam Seni Indonesia Bersejarah Yang Mendunia – Sejarah seni rupa Indonesia merupakan salah satu kisah yang pastinya membanggakan sekaligus menghanyutkan. Salah satu peradaban tua yang maju ini sempat berkali-kali terinterfrensi keberadaanya oleh budaya asing. Namun masyarakat Nusantara juga mengandalkan dari budaya luar juga untuk bisa berkembang secara cepat.

Perkembangan seni modern Indonesia telah mulai sejak tentara Jepang masih menduduki Indonesia pada tahun 1942. Setelah kemerdekaan, perkembangan bidang seni Indonesia telah berkembang dengan sangat baik. Pada tahun 1946, asat inisiatif Sudjojono, Trisno Sumardjoo, Sunindyo dan Suradji mendirikan organisasi bernama Seniman Indonesia Muda (SIM).

Kemudian Tahun 1947, pelukis lain seperti Affandi dan Hendra, membentuk Perkumplan Pelukis Rakyat (PPR) sebagai pecahan dari SIM. Selain itu, pertumbuhan seni tari dan musik juga tidak kalah tertinggal. Masa revolusi Indonesia, seni tati telah mengalami beberapa perubahan, terutama pada teknik penyajian. Sedangkan untuk seni musik, telah banyak terciptakan lagu-lagu perjuangan. Kemudian ritme dan irama musik juga sudah mulai mengalami perkembangan.

Yuk Baca Juga Artikel Menarik Lainnya : oddstruments

Seni Rupa

Beragam Seni Indonesia Bersejarah Yang Mendunia

Seni lukis merupakan salah satu dari sekian banyak seni rupa. Dengan cara melukis, seorang seniman akan menghasilkan sebuah seni yang dinamakan seni lukis. Pelukis Rakyat mengalami perkembangan paling banyak, bantuan dari para tokoh pemerintahan. Para anggota Pelukis Rakyat tidak hanya mendapatkan kesempatan untuk menjual lukisan mereka saja, melainkan juga mendapatkan lapangan yang luas dengan seni patung. Beberapa seni patung ciptaannya adalah patung dari Jendral Soedirman yang terletak pada depan gedng Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Yogyakarta. Selain pelukis Rakyat, tahun 1952, berdiri juga Pelukis Indonesia Muda (PIM) yang diketuai oleh Hidayat.

Seni Tari

Beragam Seni Indonesia Bersejarah Yang Mendunia

Beragam Seni Indonesia Bersejarah Yang Mendunia

Pertumbuhan seni tari Indonesia periode 1942 hingga 1955 masih sangat terbatas. Seni Tari pada Indonesia sangatlah beragam dari Sabang sampai Merauke menjadi identitas masing-masing daerah sebagai lestari untuk generasa yang akan datang.

Jenis Tari

Tarian dapat terkategorikan menjadi beberapa jenis berdasarkan faktor tertentu, misalnya jumlah penari dan aliran tari. Berikut ini adalah jenis tari dari berbagai daerah :

  • Tari Tunggal atau Solo adalah tarian yang dibawakan oleh satu orang penari.
  • Tari Berpasangan atau Duet adalah tarian yang dibawakan oleh dua orang penari secara berpasangan atau sesama
  • Tari Berkelompok atau Grup adalah tarian yang dibawakan oleh lebih dari 3 orang dalam kelompok

Seni Musik

Sementara untuk perkembangan seni musik setelah kemerdekaan, telah banyak tercipa lagu-lagu yang mengangkat semangat perjuangan. Antaranya tahun 1945 hingga 1949, ritme dan irama dalam lagu baru terlihat perubahannya. Selain itu, para penggubah lagu lagu selama masa revolusi Indonesia tidak hanya meliputi penulis musik Indonesia.

Jenis Musik

Beragam Seni Indonesia Bersejarah Yang Mendunia

Beragam Seni Indonesia Bersejarah Yang Mendunia

Sementara untuk perkembangan seni musik pasca-kemerdekaan, telah banyak tercipa lagu-lagu yang mengangkat semangat perjuangan. Berikut adalah jenis dan penjelasannya :

  • Musik Perjuangan lahir dari kondisi masyarakat Indonesia yang sedang terjajah oleh bangsa asing. Dengan menggunakan musik, para pejuang berusaha mengobarkan semangat persatuan untuk bangkit melawan penjajah. Syair- syair yang ada pada masa itu, umumnya berisi ajakan untuk berjuang, ajakan untui berkorban demi tanah air, dan sebagainya. Irama musiknya pun cepat dan membuat semangat, serta semarak yang ada pada akhir lagu.
  • Musik Keroncong secara umum, memiliki harmoni musik dan improvisasi yang sangat terbatas. Umumnya lagu- lagunya memiliki bentuk dan susunan yang sama. Syair- syairnya terdiri atas beberapa kalimat (umumnya 7 kalimat) dengan permainan alat musik.
  • Musik Dangdut merupakan hasil perpaduan antara musik India dengan musik Melayu, musik ini kemudian berkembang dan menampilkan cirinya yang khas dan berbeda dengan musik akarnya. Ciri khas musik ini terletak pada pukulan alat musik tabla (sejenis alat musik perkusi yang menghasilkan bunyi ndut). Selain itu, iramanya ringan, sehingga mendorong penyanyi dan pendengarnya untuk mengerakkan anggota badannya.
  • Musik Populer (pop) ini memiliki ciri, antara lain penggunaan ritme yang terasa bebas dengan mengutamakan permainan drum dan gitar bas. Komposisi melodinya juga mudah

Itulah beragam seni Indonesia pada awal terciptanya dan sampai berkembangnya seni Indonesia yang kita ketahui. Terimakasih semoga bermanfaat.