Hobi yang Tidak Mengenal Umur!

Hobi yang Tidak Mengenal Umur!

Hobi yang Tidak Mengenal Umur!

Hobi yang Tidak Mengenal Umur! – Setiap manusia memiliki kebutuhan yang harus terpenuhi, muali dari kebutuhan pokok atau primer, kebutuhan sekunder serta kebutuhan tersier. Dari masing masing kebutuhan tersebut memiliki peranan tersendiri pada kehidupan manusia. Sekeras apapun manusia bekerja untuk memenuhi kebutuhan pokokm ada saat manusia memerlukan hiburan sejenak untuk mengistirahatkan pikiran.

Bava juga informasi dan artikel menarik lainnya di : oddstruments

Salah satu hiburan yang saat ini sedang banyak diminati adalah balap mobil mainan Mini 4WD Tamiya. Mini 4WD Tamiya merupakan mobil balap mainan yang berbahan plastik. Menggunakan sumber energi dari 2 buah baterai ukuran AA dan bertenaga motor listrik Dynamo sebagai penggeraknya. Mobil balap mainan mini 4WD Tamiya ini berjalan tanpa tidak menggunakan remote control pada lintasan khusus. Oleh karena itu pada sisi mobil Mini 4WD Tamiya terdapat roda roller untuk memperlancar jalannya mobil mini 4WD Tamiya pada lintasan.

Mini 4WD merupakan sebuah mainan mobil balap yang pertama kali pada era 1980-an, Sedangkan Tamiya merupakan sebuah merek dari perusahaan mainan asal Jepang yang berdiri sejak 1946 oleh Yoshio Tamiya. Berikut adalah pembahasan seputar sejarah Tamiya yang sudah menjadi hobi masyarakat Indonesia sejak dahulu.

Sejarah Tamiya

Awalnya Tamiya ngetop sebagai produsen mainan rakitan (1948). Namun, sejak merilis mobil rakitan 4WD pada tahun 1982, merk Tamiya malah identik dengan si mobil mini berdinamo itu. Saat masuk ke Indonesia, pada era 1980-an sosok Tamiya belum mencapai puncak popularitasnya. Keberadannya tenggelam oleh permainan gangsing. Namun, saat memasuki tahun 1990-an, Tamiya berubah menjadi barang yang bukan hanya sekedar mainan.

Salah satu penyebab tren Tamiya ini cepet sekali populer pada kalangan anak 90-an adalah serial animasi Bakuso Kyodai Let’s & Go!! yang tayang di Indosiar. Agaknya, film yang bercerita tentang kumpulan anak-anak pebalap Mini 4WD ini memang berasosiasi dengan brand Tamiya. Soalnya, jenis Mini 4WD yang dimiliki para tokohnya sama kayak keluaran Tamiya.

Hal yang Harus di Perhatikan pada Mobil Tamiya

1. Dinamo

Dinamo merupakan salah satu unsur terpenting dalam Tamiya. Dengan memilih dinamo yang tepat, tamiya dapat melaju dengan kecepatan yang diinginkan. Secara garis besar, ada dua jenis dinamo yang bisa dipilih, yakni high-torque dan high-RPM. Dinamo dengan high-torque cocok untuk trek yang berkelok-kelok, sementara dinamo dengan high-RPM cocok untuk trek yang lurus.

2. Ban

Tamiya merupakan mainan yang sangat fleksibel. Ban tamiya pun dapat diganti-ganti sesuai selera. Ada dua jenis ban Tamiya yang bisa dipilih, yakni hard tires dan soft tires. Menggunakan hard tires membuat Tamiya bisa melaju lebih stabil di lintasan. Ban tersebut cocok untuk trek Tamiya yang rumit dan berkelok-kelok. Sementara itu, soft tires membuat Tamiya melaju lebih kencang. Karena itu, soft tires lebih cocok pada lintasan lurus.

3. Mass Dampers

Lintasan tamiya tidak hanya terdiri dari belokan dan lintasan lurus. Dalam kompetisi yang profesional, lintasan Tamiya sering kali disertai dengan tanjakan yang mampu membuat tamiya terbang. Guna menyiasati tanjakan tersebut, Tamiya memiliki kampas rem yang dapat bekerja ketika Tamiya akan melalui tanjakan. Selain itu, tamiya juga memiliki mass dampers yang mampu meredam hentakan ketika Tamiya mendarat pada lintasan kembali usai melakukan lompatan tinggi.

4. Bobot dan Desain

Tamiya yang berat tentunya membuatnya melaju lambat. Selain itu, desain yang terlalu rumit juga membuat Tamiya sulit melaju. Karena itu, jangan ragu untuk melakukan bongkar pasang model tamiya sebelum melaju pada lintasan. Pastikan menyingkirkan bagian-bagian Tamiya yang kurang berguna terlebih dahulu supaya Tamiya dapat melaju dengan lebih mulus dan kencang.