Mengenal Lebih Jauh Tentang Perang Suci

Mengenal Lebih Jauh Tentang Perang Suci

Mengenal Lebih Jauh Tentang Perang Suci – Perang suci atau lebih di kenal dengan perang salib.  Perang yang terjadi antara umat Muslim dan umat Kristiani. Bertempatkan di sepanjang levantin berlangsung selama sembilan musim. Perang salib pertama terjadi ketika Bangsa Eropa yang datang ke daratan timur tengah. Berhasil menguasai kota suci Jerusalem. Baldwin I diangkat menjadi raja kerajaan Jerusalem yang di tunjuk oleh paus pada zaman itu. Perang ini tentu saja belum berakhir. Pada tahun 1178 muncul seorang komandan hebat bernama Salahuddin Al-Ayyubi. Salahaddin memimpin pasukkannya ayubiah bertarung melawan raja Guy De Lusignan. Sebelum perang pecah damai sudah ada. Mereka hidup berdampingan dan saling melakukan pertukaran dagang dan lain-lain. Namun penasaran lebih lanjut tentang artikel ini baca hingga bawah ya.

Baca juga artikel lainnya di oddstruments 

Penyebab Perang Salib

Banyak sekali faktor penyebab tentang perang salib ini. Mimin akan bahas singkat tentang perang ini ya.

Wilayah

Penyebab peperangan ini meletus adalah perebutan wilayah. Tentara salib yang menjaga kota suci seharusnya hanyalah menajaga wilayahnya saja. Namun mereka lebih berhasrat untuk melakukan penekanan yang lebih dari levantin hingga menuju mesir.

Provokasi

Pada zaman yang damai tersebut tentara salib melakukan hal provokasi. Mereka menyerang pedagang muslim yang sedang melakukan perjalanan. Hal tersebut di pertanggung jawabkan oleh Raynald Du Chattilon. Raynald sangat ingin melakukan peperangan yang lebih. Ia tidak merasa puas dengan kedamaian yang di ciptakan oleh raja sebelumnya. Raja saat ini Guy De Lusignan setuju akan hal tersebut. Guy membawa seluruh pasukan salib menuju lembah Haffa.

Perselisihan Antar Dewan

Dewan- dewan saat itu tidak setuju jika melakukan peperangan. Dewan terdiri dari umat Kristiani dan umat Muslim karena di kota Jerusalem ini status asli nya adalah netral. Namun Guy ikut campur ke dalam urusan dewan dan menyalahkan kekuasaannya sebagai raja.

Dalam hal ini itu adalah hal singkat mengapa perang suci salib ini bisa meletus. Sangat di sayangkan aksi dari beberapa pemimpin yang tidak bisa menghargai sesama membawa kehancuran yang begitu luar biasa. Oleh sebab itu apabila kita berposisi sebagai pemimpin kita harus lebih berhati hati dan memiliki toleransi yang besar.

Baca juga artikel lainnya di oddstruments 

Mengenal Lebih Jauh Tentang Perang Suci