Mengenal Olahraga Paintball

Mengenal Olahraga Paintball

Mengenal Olahraga Paintball – Banyak aktivitas atau hobi yang seru untuk mengisi waktu luang, kamu bisa melakukan aktivitas lain yang lebih menantang. Salah satunya adalah bermain paintball. Paintball secara sederhana sebagai permainan “perang-perangan yang menggunakan senjata berisi peluru cat. Masuk kategori olahraga ekstrem membuat pemainnya harus mengenakan seragam lengkap.

Paintball adalah sebuah permainan simulasi tempur yang seru yang menggunakan konsep perang, yang mana seorang pemain atau kelompok berusaha keras untuk mengalahkan lawannya atau pemain dari kelompok lain dengan menembakan peluru yang berisi cat yang aman dan tidak beracun. Strategi, kecerdasa, ketangkasan, dam ketegasan pemimpin yang mempengaruhi dalam tim menang atau kalah.

Sebelumya akan ada intruktur yang menjelaskan bagaimana cara menggunakan senapan hingga aturan permainan. Nantinya dalam satu permainan akan terbagi menjadi dua tim yang akan saling menyerang. Semakin banyak orang dalam tim memang membuat permainan semakin seru, kebanyakan lapangan paintball bernuansa ladang pertempuran. Tumpukan ban, potongan seng berdirim sisa reruntuhan tembok sampai mobil bekas penuh karat biasanya menjadi pemandangan lumrah lapangan paintball.

Cara Bermain Paintball

Jika anda tertarik silahkan memperlajari dasar-dasar perlengkapan dan peraturan dalam bermain untuk pemula pada artikel ini. Beberapa peraturan yang harus ditaati :

1. Perlengkapan

Beberapa tempat bermain paintball menyediakan layanan untuk menyewa perlekapan, sehingga kamu sama sekali tidak perlu membeli dan membawa perklengkapan dari rumah. Cobalah menyewa perlengkapan terlebih dahulu, untuk mencoba apakah anda menyukai permainan ini atau tidak. Perlengkapan dalam paintball pada umumnya yakni :

  • Goggle (Pelindung Wajah)
    Goggle berfungsi untuk melindungi bagian wajah, terutama bagian MATA, karena dalam permainan hampir 50% itu mengenai wajah. Bagi yang berkaca mata masih dapat menggunakan Goggle tanpa melepas kacamata.
  • Marker / Senjata Paintball
    Menggunakan senjata semi automatis (satu tembakan hanya satu peluru yang keluar). Jarak efektif senjata adalah 10 s.d 15 meter, lebih dari itu peluru akan melayang
  • Body protect
    Adalah alat pelindung bagian dada untuk mengurangi rasa sakit apabila terkena bola cat
  • Seragam
    Fungsinya untuk mengurangi rasa sakit, boleh digunakan ataupun tidak

2. Peraturan Permainan Painball

Lokasi bermain painball sangat beragam ukuran dan layout, permainan ini biasanya berada pada luar atau dalam ruangan. Walaupun paintball adalah permainan yang bertemakan peperangan, tetap saja dalam permainan paintball memiliki beberapa peraturan, yaitu :

  • Selalu mengenakan safety Goggle, tidak boleh dibuka dalam arena pertempuran selama pertempuran masih berlangsung, jika ada pemain yang membuka atau melepas maka akan terkena diskualifikasi satu team
  • Tidak boleh menembak lawan kurang dari 5 meter, jika ada dua pemain yang bertemu di tengah batle fild dengan jarak yang terlalu dekat maka wasit akan memecah mereka, minimal mereka akan diperintahkan mundur satu barikade
  • Tidak menembak bagian belakang kepala, karena bagian belakang kepala adalah bagian yang tidak terlindungi
  • Tidak menembak wasit dan penonton diluar
  • Pemain dinyatakan mati jika tertembak dan pelurunya pecah, jika peluru tidak pecah pemain masih bisa terus melakukan pertempuran, bagian dari pemain yang dinyatakan sah tertembak adalah seluruh tubuh juga *senjata (dalam jenis permainan tertentu)
  • Selalu mematuhi instruksi wasit permainan

Biaya untuk bisa bermain paintball berkisar dari Rp 500 ribu sampai Rp 1,5 juta. Demikian pembahasan mengenai olahraga painball, semoga dapat berguna untuk kamu yang baru memainkan permainan paintball.

Baca juga informasi dan artikel menarik lainnya di : oddstruments