Mengetahui Manfaat Olahraga Skateboard

Mengetahui Manfaat Olahraga Skateboard

Mengetahui Manfaat Olahraga Skateboard – Skateboard sudah menjadi olahraga sekaligus gaya hidup pada kalangan masyarakat Indoensia. Olahraga yang peminatnya dari anak kecil hingga orang dewasa karena rasa penasaran dan terlihat menarik.

Menurut sejarahnya, permainan skateboard ini bermula pada tahun 1950-an oleh seorang peselancar asal California. Yang betujuan untuk bisa berselancar di darat saat ombang laut sedang tinggi. Saat itulah mereka mulai meletakkan roda pada bagian bawah papan kayu. Permainan skateboard sendiri selain menyenangkan  ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh seperti meningkatkan flesibilita, meningkatkan ketahanan fisik, membakar kalori, mengurangi resiko stress dan depresi, memperkuat kinerja jantung, dan memperluas sosialisasi.

Baca juga informasi dan artikel menarik lainnya di : oddstruments

Manfaat Skateboard

Olahraga skateboard bertumpu pada papan dengan dua roda kecil di kedua ujungnya. Kemudian, pemain skateboard akan bertumpu pada alat ini untuk melakukan beragam trik termasuk ollies, flips, dan mid-air spins. Berikut manfaat bermain skateboard yang sudah terangkum dari berbagai sumber :

1. Meningkatkan Fleksibilitas

Saat bermain Skateboard, kamu harus memiliki gerakan tubuh dan kaki yang fleksibel. Oleh karena itu, selama proses berlatih Skateboard sampai dengan bisa bermain dan melakukan trik-trik, fleksibilitas tubuh juga akan meningkat.

2. Meningkatkan Ketahanan Fisik

Untuk dapat bermain Skateboard dan menguasai trik-triknya, dibutuhkan latihan rutin yang keras karena bisa beberapa kali terjatuh. Tidak hanya kemampuan bermain yang akan terasah, ketahanan fisik juga otomatis akan meningkat untuk menyesuaikan dengan latihan yang rutin dan berat.

3. Membakar Kalori

Tidak hanya meningkatkan fleksibilitas dan ketahanan, bermain Skateboard dan berlatih secara rutin akan membantu membakar lemak di seluruh tubuhmu. Hal ini dikarenakan seluruh tubuh yang terus menerus bergerak membuat kalori di dalam tubuh terbakar.

4. Mengurangi Resiko Stress

Semua aktivitas fisik dapat menjadi pereda stres yang baik. Skateboarding akan membuat kamu bisa melupakan sejenak apa saja yang menjadi pemicu stres. Tak hanya itu, ini juga dapat membantu berpikir secara jernih tentang suatu masalah.

Menariknya, olahraga skateboard dapat menempatkan berbagai hal sesuai perspektif dan membuat kamu merasa lebih terkendali dalam berbagai aspek kehidupan.

5. Memperkuat Kinerja Jantung

Juga tergolong olahraga yang memberikan hasil maksimal karena setiap gerakan yang dihasilkan melatih seluruh anggota tubuh supaya tetap bergerak. Permainan yang terbaik akan memperkuat kinerja jantung dan menjaga daya tahan tubuh tetap dalam kondisi terbaik. Jadi, jika rutin berlatih, akan banyak memberikan manfaat bagi tubuh tetap bugar.

6. Memperluas Sosialisasi

Skateboard tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, tetapi juga efektif untuk bersosialisasi.  Seru banget kan kalau melakukannya bersama komunitas pencinta sepatu roda juga? Bahkan kini di beberapa tempat juga menyediakan tempat kursus Skateboard loh.

Apabila ingin merasakan berbagai manfaat di atas dengan cara yang seru dan menyenangkan, skateboarding bisa jadi pilihan. Olahraga ini bahkan bisa dipelajari sejak kecil, tanpa batasan usia dan gender.

Jika kamu melihat atlet-atlet skateboard tampak sangat mahir melakukan berbagai teknik, ingatlah bahwa di balik itu terdapat latihan bertahun-tahun lamanya. Tak terhitung pula berapa kali mereka terjatuh kemudian mencoba lagi, lagi, dan lagi.