Pengertian dan Sarana Olahraga Sepak Takraw

Pengertian dan Sarana Olahraga Sepak Takraw

Pengertian dan Sarana Olahraga Sepak Takraw – Sepak takraw merupakan salah satu jenis olahraga perpaduan dari permainan sepak bola, bola voli dan bulu tangkis. Olahraga ini pertama kali tercipta sekitar 634-713 Masehi pada Kesultanan Melayu, tepatnya pada sekitar abad ke 15. Pada waktu itu masih mengenal sepak takraw dengan sebutan dengan sepak raga.

Pengambilan nama sepak takraw dari Bahasa Melayu dan Bahasa Thailand. Kata “sepak” berasal dari Bahasa Melayu yang artinya menendang dan kata “takraw” yang berasal dari Bahasa Thailand yang artinya adalah bola anyaman.

Baca juga informasi dan artikel menarik lainnya di : oddstruments

Nama tersebut terpakai setelah kesepakatan kedua daerah yang telah menemukan olahraga ini, yakni Malaysia dan Thailand. Dari kedua negara tersebut, permainan olahraga ini sekarang telah menyebar hingga ke seluruh penjuru dunia. Sekitar tahun 1970-an, olahraga atau permainan sepak takraw ini mulai masuk ke Nusantara yang dibawa langsung oleh Malaysia dan Singapura yang pada waktu itu sedang berkelana ke Nusantara.

Tempat untuk memainkan sepak takraw yaitu pada sebuah lapangan yang mempunyai ukuran dan luas seperti lapangan bulu tangkis. Aturan utama dalam permainan sepak takraw ini adalah para pemain tidak boleh menyentuh bola takraw dengan menggunakan tangan.

Pengertian

Adapun pengertian sepak takraw menurut para ahli antaralain :

1. PB. Prestasi

Menurut PB PERSETASI sepak takraw merupakan salah satu cabang olahraga beregu yang dimainkan diatas lapangan empat persegi panjang, dengan permukaan yang rata, baik ditempat terbuka (outdoors) maupun diruangan tertutup (in doors), yang bebas dari rintangan.

2. Darwis dan Basa

Menurut Darwis dan Basa, sepak takraw adalah penggabungan atau campuran dari tiga olahraga yang populer di kalangan masyarakat Indonesia yaitu sepak bola, bola voli, dan bulu tangkis.

3. Sulaiman

Menurutnya sepak takraw merupakan permainan atau olahraga yang menggunakan bola besar. Bola tersebut terbuat dari rotan, kemudian bola yang terbuat dari rotan itu dapat dimainkan di atas lapangan yang datar berukuran panjang 13,40 m dan lebar 6,10 m. Dimana terdapat jaring net setinggi 1,55 m sebagai pembatas lapangan.

4. Iyakrus

Menurut Iyakrus, sepak takraw merupakan olahraga permainan yang menggunakan bola (takraw). Bola tersebut terbuat dari rotan dan dapat memainkannya pada atas lapangan. Berukuran 13,42 m dan lebar 6,1 m dengan cara menendang menggunakan kaki.

Sarana dan Prasarana

1. Lapangan

Lapangan sepak takraw berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang keseluruhan mencapai 13,4 meter, sementara lebar lapangan permainan sepak takraw secara umum mencapai 6,10 meter. Lalu terdapat lingkaran di tengah lapangan yang berfungsi sebagai tempat servis takraw dengan ukuran jari-jari 30 cm.

2. Tiang dan Net

Adapun tinggi tiang net untuk putra dan putri tidak sama. Tinggi net putra menyentuh 1,55 meter di pinggir dan minimal 1,52 meter di tengah, sedangkan tinggi net untuk putri menyentuh 1.45 meter pinggir dan minimal 1.42 meter tengah. Jarak tiang dengan garis batas samping lapangan 31 cm. Sedangkan net dalam permainan sepak takraw terbuat dari nilon.

3. Bola

Bola yang digunakan terbuat dari bahan rotan berlapis 9 atau 11 lilitan yang di anyam bulat. Diameter bola memiliki ukuran 41-43 cm dengan jumlah 12 lubang yang terdapat pada bola, dan juga bola memiliki berat berkisar 160-180 gr.