Sejarah dan Fakta Unik Lukisan Monalisa

Sejarah dan Fakta Unik Lukisan Monalisa

Sejarah dan Fakta Unik Lukisan Monalisa – Kalian pasti tahu Lukisan Monalisa kan? itu adalah lukisan yang sangat terkenal karya Leonardo da Vinci. Kita akan mencoba membahas sejarah dan misteri yang ada pada lukisan yang sekarang berada di museum The Louvre, Prancis.

Bava juga informasi dan artikel menarik lainnya di : oddstruments

Nama atau judul lukisan Mona Lisa berasal dari biografi Giorgio Vasari tentang Leonardo da Vinci, yang terbit 31 tahun setekah ia meninggal dunia. Wanita dalam lukisan ini adalah Lisa Gherardini. Mona dalah bahasa Italia adalah singkatan untuk ma donna yang artinya “nyonyaku”. Sehingga judul lukisan artinya adalah Nyonya Lisa. Dalam bahasa Italia biasanya judul lukisan bertulis Monna Lisa.

Lalu La Giocondo adalah bentuk feminin dari Giocondo. Kata giocondo dalam bahasa Italia artinya adalah “riang” dan la gioconda artinya adalah “wanita riang”. Berkat senyum Mona Lisa yang misterius ini, frasa ini memiliki makna ganda. Begitu pula terjemahannya dalam bahasa Prancis : La Joconde. 

Nama Mona Lisa dan La Gioconda atau La Jaconde menjadi judul lukisan ini yang diterima secara luas semenjak abad ke-19. Sebeleumnya lukisan ini disebut dengan berbagai nama seperti “Wanita dari Firenza” atau “Seorang Wanita Bangsawan Dengan Kerudung Tipis”.

Sejarah

Mona Lisa dilukis oleh da Vinci saat beliau menetap di Florence, Italia, pada sekitar tahun 1503 dan 1504. Pada waktu itu, da Vinci mendatangi seorang bangsawan Italia untuk membuat lukisan wanita yang menggambarkan sosok yang mirip dengan Bunda Maria.

Leonardo da Vinci meminta model tersebut untuk berpose menelungkupkan tangan di depan dada, sembari berdiri tegak untuk menunjukan paras feminin dan perawakan yang mencerminkan kepribadian rendah hati, layaknya Bunda Maria. Kata mona sendiri digunakan untuk panggilan mesra kepada seorang perempuan yang disayangi.

Lukisan Mona Lisa dilukis oleh da Vinci menggunakan cat minyak. Pilihan cat tersebut diperuntukkan menunjukan detail tubuh wanita yang menjadi model dan pewarnaan yang realistis, supaya terlihat nyata.

Fakta Unik

Menjadi lukisan yang fenomenal dan populer di dunia, pastinya ada banyak fakta unik yang ada di balik lukisan Monalisa. Ada sejumlah fakta unik lukisan Monalisa yang perlu kamu ketahui, yaitu :

1. Tampilan Lukisan Misterius

Mulai dari senyuman hingga matanya seolah berbicara tentang sesuatu, apakah sesuatu hal tersebut bersifat bahagia, sedih, takut, atau sedang menahan amarah.

Sudah banyak penelitian yang meneliti arti dari senyuman serta tatapan mata dari lukisan tersebut.

Tapi sebenarnya jika melihatnya dari lokasi sudut pandang yang berbeda, maka senyuman dari lukisan Monalisa tersebut bisa berubah-ubah alias tak selalu sama ketika kita melihatnya.

2. Ukuran Lukisan

Rata-rata lukisan yang populer di dunia bisa berukuran lebih dari 1×1 meter lebih. Salah satu karya Leonardo dan Vinci yang berjudul perjamuan terakhir saja berukuran 4,6 x 8,8 meter.

Lukisan monalisa ini hanya berukuran 75 x 52,5 cm saja. Meski ukurannya kecil, tapi lukisan Monalisa ini punya berat kurang lebih 8 kg.

3. Napoleon Pernah Jatuh Cinta

Setelah pelukisnya meninggal, lukisan Monalisa dan lukisan-lukisan Leonardo da Vinci lainnya terpajang pada Istana Fontainebleau oleh Raja Francois I. Lalu satu abad kemudian, lukisan itu berpindah tempat ke Grand Palace of Versailles oleh Louis XIV.

Saat Napoleon Bonaparte berkuasa pada abad ke-18, lukisan ini berpindah ke Istana Tuileries dan bertempat pada dalam ruangan kamar Napoleon selama empat tahun. Lambat laun, Napoleon pun lama-lama jatuh cinta pada wanita yang ada dalam lukisan Monalisa tersebut.