Sejarah dan Manfaat Olahraga Yoga

Sejarah dan Manfaat Olahraga Yoga

Sejarah dan Manfaat Olahraga Yoga – Dunia olahraga selalu menarik. Tanpa memandang bulu, kegiatan berolahraga termasuk kek adalam salah satu kegiatan yang menunjang pola hidup sehat dan seimbang. Apalagi jika melakukannya secara rutin, rasanya seperti bernafas saja, tidak bisa hidup tenang tanpa berolahraga. Salah satu olahraga yang masih terus banyak diminati oleh berbagai lapisan usia adalah yoga. Berlatih yoga secara rutin dapat mengubah suasana hati, pikiran dan menjaga kesehatan tubuh.

Memahami olahraga yoha dapat mengartikannya sebagai aktivitas olah tubuh dan pikrian yang berfokus pada kekuatan, flesibelitas dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas fisik, mental dan spiritual secara bersamaan. Rangkaian gerakan atau pose dan pernapasan adalah dua komponen utama yang terdapat dalam rutinitas latihan ini.

Baca juga informasi dan artikel menarik lainnya di : oddstruments

Praktik olah tubuh ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu di India dan telah beradaptasi ke dalam berbagai variasi jenisnya. Orang yang melakukan yoga memiliki sebutan yaitu yogis, yogin untuk para pria dan yogini untuk para wanita. Publik juga mengenal olahraga ini sebagai aktivitas latihan yang khusus pembentukan postur tubuh yang baik. Selain itu juga kerap digunakan sebagai pengobatan alternatif dengan mengedepankan latihan pernapasan, olah tubuh dan meditasi.

Sejarah Yoga

Menurut arti kata bahasanya, Yoga berasal dari bahasa Sansekerta “Yuj” yang berarti “penyatuan”. Pemahaman lebih dalam mengenai maknanya adalah penyatuan terhadap alam dan Sang Pencipta. Terbentuk dari kebudayaan India kuno, olahraga ini pertama kali diperkenalkan melalui sebuah buku Yoga Sutras yang ditulis oleh Maharsi Patanjali. Patanjali adalah seorang tokoh legendaris asal India yang hidup sekitar 200 hingga 500 SM. Melalui ajaran yang sangat populer di kalangan umat Hindu ini, Patanjali mengartikan yoga sebagai penghentian gerak pikiran. Pada rentang tahun 1980an hingga awal tahun 2000an, hadirnya olah tubuh yang kian mengglobal ini sempat menghadapi terpaan penolakan, baik dari sisi agama maupun budi pekerti.

Manfaat Yoga

Berlatih yoga secara rutin dapat mengubah suasana hati, pikiran dan menjaga kesehatan Anda. Berikut 5 manfaat olahraga yoga bagi tubuh yang wajib Anda ketahui.

1. Menurunkan Stres

Yoga dikenal karena dianggap dapat meredakan stres dan meningkatkan relaksasi. Bahkan, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa itu dapat menurunkan kortisol, hormon penyebab stres.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Dari memompa darah ke seluruh tubuh untuk memasok jaringan dengan nutrisi penting, kesehatan jantung adalah komponen penting dari kesehatan secara keseluruhan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memasukkan yoga ke dalam gaya hidup sehat dapat membantu memperlambat perkembangan penyakit jantung.

3. Menambah Kualitas Hidup

Yoga menjadi terapi tambahan untuk meningkatkan kualitas hidup bagi banyak individu. Penelitian menyebutkan bahwa yoga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan kesejahteraan rohani, meningkatkan fungsi sosial dan mengurangi gejala kecemasan

4. Fleksibilitas dan Keseimbangan

Banyak orang menambahkan yoga sebagai rutinitas untuk meningkatkan kebugaran mereka. Berlatih hanya 15-30 menit yoga setiap hari dapat membuat perbedaan besar bagi mereka yang ingin meningkatkan kinerja dengan meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan.

5. Dapat Meningkatkan Kekuatan

Selain meningkatkan fleksibilitas, latihan yoga secara rutin dapat membangun kekuatan. Gerakan yoga yang pelan dan terkontrol membuat otot-otot di dalam tubuh bergerak dan menahan pose yoga. Bahkan, ada pose khusus dalam yoga yang dirancang untuk meningkatkan kekuatan dan membangun otot.