Yamaha Siapkan Pesaing Kawasaki ZX-25R 4 Silinder?

Yamaha Siapkan Pesaing Kawasaki ZX-25R 4 Silinder?

Yamaha Siapkan Pesaing Kawasaki ZX-25R 4 Silinder?

Yamaha Siapkan Pesaing Kawasaki ZX-25R 4 Silinder? – Produsen motor sport asal jepang saat ini sedang menjadi trending pada kalangan para penggemar otomotif, khususnya para penggemar motor sport. Kawasaki telah meluncurkan Ninja ZX-25R dengan kapasitas 4 silinder beberapa waktu lalu. Ninja ZX-25R mendapatkan popularitas cukup tinggi sejak pertama kalinya dipamerkan pada Tokyo Motor Show 2019. Bahkan setelah meluncurkan di Indonesia dan Thailand, popularitas motor ini semakin melejit.

Ninja ZX-25R menjadi motor paling inovatif saat ini. Mesinnya menjadi empat silinder terkecil pada era motor modern. Teknologi yang membantu pengendara juga semakin lengkap. Tidak heran bahwa calon pembelinya membludak, meskipun masih dalam situasi pandemi.

Selang tidak beberapa lama, beredar rumor bahwa Yamaha juga tengah mengemabngkan motor sport berkapasitas 4 silinder, untkuk menyaingi popularitas dari ZX-25R. Motor ini menurut beberapa sumber akan menggunakan nama yaitu YZF-R25M. Huruf terakhir terinspirasi dari R1M yang memiliki peforma lebih baik daripada YZF-R1.

Yamaha YZF-R25M juga dikembangkan dengan fokus motor sirkuit. Artinya pabrikan berlambang Garpu Tala ini akan menghadirkan motor dnegan mesin berkapasitas 250cc yang memiliki peforma mengagumkan.

Baca juga artikel menarik lainnya di : oddstruments

YZF-R25M Empat Silinder

Mengingat Indonesia menjadi basis produksi Yamaha R25 pada belasan negara luar sana, bukan tidak mungkin jika versi empat silinder yang akan hadir merupakan produksi dalam negeri. Belum lagi dengan fasilitas pabrik Yamaha Pulo Gadung yang menjadi basis produksi mesin-mesin Moge (Motor Gede).

Tentu dengan mengusung embel-embel ‘M’ R25M 4 silinder akan memiliki DNA yang sama dengan motor supersport 1000cc Yamaha R1M. Kabar menyebutkan, Yamaha sedang merancang YZF-R25M pabriknya di Iwata Jepang. Media Vietnam, bahkan mulai menerka-nerka gambaran mesin Yamaha 250cc 4-silinder yang bisa masuk ke R25M. Adapun nama R25M pun sampai sekarang pun masih teka-teki belum ada konfirmasi.

Peluang Kehadiran Yamaha YZF-R25M

Menurut KBY pribadi, namanya hot gosip artinya masih 50-50, setengahnya benar, setengahnya belum tentu salah, dan juga belum tentu betul. Yang membuat kabarnya belum pasti adalah informan KBY, sang sumber mengatakan saat ini fokus PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) bukan ke pasar atau kelas sport. Versi yang setengahnya benar, karena R25 itu merupakan produk global yang Indonesia buat, maka bukanlah keputusan YIMM untuk menciptakan produk lawan dari Ninja ZX25R. Tidak seperti Honda (AHM) yang berani menciptakan produk regional doang, pabrikan lain menciptakan produk tertentu/ spesial itu harus bersifat global.

Spesifikasi Mesin

Motor sport satu ini menggunakan mesin 250 cc DOHC 2-silinder inline dengan tenaga 35,6 daya kuda @ 12.000 rpm dan torsi 23.6 Nm @ 10.000 rpm. Jika membandingkan dengan Zinja ZX-25R yang mengusung mesin 249,8 cc 4 silinder DOHC dengan tenaga tembus 51 PS @ 15.500 rpm dan torsi mencapai 22,9 Nm @ 14.500 rpm Jelas tenaga YZF-R25 kalah jauh.

Desain

Untuk desain yang akan digunakan ini mirip Yamaha R1 dan juga Yamaha R6 yang memasok desain headlamp. Selain desain yang dibuat lebih meyakinkan untuk rogoh kocek